BLOGGER TEMPLATES AND MySpace Layouts »

Jumat, 22 Februari 2013

Komponen mesin sepeda motor


Mesin sepeda motor bekerja dengan cara yang sama dengan mesin mobil . Mereka terdiri dari piston, blok silinder dan head, yang berisi katup (valve). Piston bergerak naik dan turun di blok silinder, didorong oleh ledakan dari campuran bahan bakar dan udara yang telah dinyalakan oleh percikan api (busi) .
Katup membuka dan menutup untuk memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ruang bakar .  Piston bergerak naik-turun, memutar poros engkol (crankshaft) , yang mengubah energi dari piston menjadi gerak putar.

Kekuatan putar poros engkol ditransmisikan ke roda belakang sepeda motor setelah melalui “bak transmisi”.
Simpelnya : Energi dorongan dari hasil pembakaran, diubah menjadi gerak lurus oleh turun-naiknya piston. Kemudian gerak lurus ini diubah menjadi gerak putar (karena roda membutuhkan gerak putar, bukan lurus) oleh poros engkol. Pada akhirnya setelah melalui transmisi dan rantai/CVT, gaya ini menggerakkan roda.
Energi ledakan-> gerak lurus piston-> gerak putar poros engkol-> transmisi-> roda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar